animasi blog

Selasa, 19 Mei 2015

awal pembelajaran psikopend mengenai emosi

EMOSI

   Ada berbagai macam nama (istilah) untuk mengungkapkan berbagai emosi yang timbul dalam diri seseorang, seperti sedih, kecewa, semangat, marah,benci, cinta, dan lain-lain.. istilah-istilah tersebut erat kaitannya dengan perasaan kita, sehingga mempengaruhi bagaimana kita bertindak. Seperti seseorang yang  sedang merasa sedih akan berberda tingkah lakunya dengan seseorang yang sedang merasa bahagia. Emosi berkaitan dengan perubahan fisiologis dan berbagai pikiran. Jadi, emosi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan motivator perilaku dalam arti meningkatkan, tapi juga dapat mengganggu perilaku intensional manusia. (Prawitasari,1995). 
   Menurut carole wade dalam bukunya yang berjudul psikologi medefinisikan bahwa emosi merupakan perubahan fisiologis pada wajah, otak, dan tubuh; proses kognitif seperti interpretasi suatu peristiwa dan kecenderungan untuk melakukan suatu tindakan serta adanya pengaruh budaya yang membenyuk pengalaman dan ekspresi emosi. 
1.a Kata apa saja yang menggambarkan dirimu hari ini  
   Hari senin, yap hari di mana mulai beraktivitas seperti biasanya (kuliah) dengan mata kuliah psikopend, praktikum fisdas dan ipba. Senin pagi ketika berangkat kuliah itu rasanya ngantuk, senang, khawatir, sangat senang. dari ketiga matkul itu yang paling membuat saya deg-degan adalah praktikum rasanyaa itu.... senang karena bisa belajar ngerangkai serangkaian kabel-kabel dan alat yang lainnya tapi ada yang bikin hati deg-degan, was-was, grogi, nerveus yaitu ketika pree test di mulai dengan berbagai pertanyaan yang diajukan kaka-kaka aslab. 
b. Dapatkah anda memikirkan perasaan yang anda hayati setiap hari ?
   Dapat. setiap hari yang saya lalui pasti saya memikirkan apa yang saya rasakan setiap harinya, mulai dari perasaan senang, sedih, deg-degan dan mencari penyebabnya.

judul apa yang tepat untuk gambar dibawah ini dan deskripsikan apa yang akan terjadi ?
 
KERINDUAN DUA EKOR KUCING YANG LAMA TAK BERTEMU
Kronologi cerita : pada suatu hari ada dua ekor kucing yang lama tak bertemu selama bertahun-tahun. suatu ketika di sebuah kebun dua kucing ini tak sengaja bertemu dan berpapasan. kedua kucing tersebut saling memandang satu sama lainnya dan matanya pun berkaca-kaca karena sangat gembira dapat bertemu di taman yang sangaat indah ini. lalu, kucing tersebut pun lari untuk saling mendekat dan berpelukan. saking gembiranya dan berlari sangat cepat, kucing tersebut tak melihat ada dua batang pohon. dan apa yang terjadi ??
niat untuk mendekat dan berpelukan tetapi kucing tersebut malah saling bertubrukan karena tersandung oleh dua batang pohon dan kucing tersebut jatuh terguling-guling sambil tertawa terbahak-bahak karena untuk pertama kalinya lagi mereka bertemu dengan cara yang tak sengaja dan terguling-guling akibat rasa rindu yang tak dapat di bendung lagi
sekian....
2.1 Andaikata dilarang tersenyum, apa saja yang akan terjadi ? 
Jika dua orang yang saling bertemu dan berpapasan tetapi tidak saling tersenyum maka akan terjadi kesalahpahaman di antara keduanya. orang-orang akan terlihat lebih jutek, judes, cemberut, flat. dan pastinya kita tidak dapat menggambarkan rasa bahagia dan menghargai satu sama lain.
2.2 Andai manusia dapat terbang apa yang akan terjadi ?   
Kemacetan bukan lagi disebabkan oleh kendaraan tetapi oleh manusia
tidak akan diciptakan sebuah pesawat
burung akan mempunyai saingan 
jalan raya akan sepi
polusi di jalan raya tidak terjadi lagi
tidak ada jalan yang berlubang
2.3 Bagaimana memperbaiki metode pengajaran psikologi pendidikan ?
dengan cara banyak praktik dan terjun langsung ke lapangan.
3. Guna emosi bagi manusia ? 
menggambarkan perasaan yang sedang terjadi
dapat mengenali dan mengontrol perasaan yang terjadi
hidup lebih berwarna  
3 PERTANYAAN MENGENAI EMOSI

1. Apa yang menghambat perkembangan emosi ?
2. Mengapa laki-laki dan perempuan memiliki perkembangan emosi yang berbeda-beda ?
3. Bagaimana cara menghilangkan phobia pada seorang anak ?
4. Mengapa seorang laki-laki dapat memiliki sifat dan emosi yang kewanita-wanitaan begitupun sebaliknya ?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar