animasi blog

Minggu, 03 Mei 2015

Konsep Diri dalam psikologi pendidikan

KONSEP DIRI

 a. Pengertian Konsep Diri

www.kilau.org
    Konsep diri adalah penggambaran seseorang mengenai dirinya sendiri. Bagaimana seseorang mengganggap bahwa di dalam dirinya terdapat kepribadian (jati diri). Konsep diri seseorang dinyatakan melalui sikap dirinya yang merupakan aktualisasi orang tersebut.  Para ahli psikologi berusaha menjelaskan sifat dan fungsi dari konsep diri, sehingga terdapat beberapa pengertian. Berikut ini definisi kensep diri dari berbagai tokoh :
  1. Menurut Burns (1993:vi) : konsep diri merupakan suatu gambaran campuran dari apa yang kita pikirkan orang-orang lain berpendapat, mengenai diri kita, dan seperti apa diri kita yang kita inginkan.
  2. Menurut Harlock (1990:58) : konsep diri adalah gabungan dari keyakinan yang dimiliki individu tentang mereka sendiri yang meliputi karakteristik fisik, psikologis, sosial, emosional, aspirasi, dan prestasi.
  3. Menurut Santrock : konsep diri merupakan evaluasi yang domain-spesifik yang dilakukan seseorang terhadap dirinya.
  4. Menurut William D. Brooks : konsep diri adalah pandangan dan perasaan kita tentang diri kita 
     Dapat kita simpulkan bahwa konsep diri adalah cara pandang secara menyeluruh tentang dirinya, yakni meliputi kemampuan yang dimiliki, perasaan yang dialami, kondisi fisik mengenai dirinya maupun lingkungan terdekatnya.

b. Jenis-jenis Konsep Diri 

www.motivasi-islami.com
    Menurut Calhoun dan Acocella dalam perkembangannya konsep diri terbagi menjadi dua, yaitu konsep diri positif dan konsep diri negatif. 
    c-mol.blogspot.com
  1. Konsep diri positif : konsep diri positif adalah individu yang tahu betul siapa dirinya sehingga dirinya menerima segala kelebihan dan kekurangan, evaluasi terhadap dirinya menjadi lebih positif serta mampu merancang tujuan-tujuan yang sesuai dengan realitas.
  2. www.beritaunik.net
  3. Konsep diri negatif : konsep diri negatif adalah individu yang belum mengetahui siapa dirinya dan belum mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada di dalam dirinya. Seseorang yang menggambarkan dirinya salah (belum mengetahui arah yang benar).

c. Aspek-aspek Konsep Diri 

   Konsep diri menurut aspeknya merupakan gambaran mental yang dimiliki oleh seorang individu.
  1. Pengetahuan yaitu pengetahuan tentang dirinya sendiri
  2. Harapan mengenai dirinya sendiri
  3. Penilaian mengenai dirinya sendiri

d. Fungsi Konsep Diri

   Konsep diri mempunyai peranan penting dalam menentukan tingkah laku seseorang. Konsep diri mempunyai tiga peranan penting :
  1. self-concept as maintainer of inner consistency (konsep diri memainkan peranan dalam mempertahankan keselarasan batin seseorang)
  2. self-concept as on interpretation of experience (konsep diri menentukan bagaimana individu memberikan penafsiran atas pengalamannya)
  3. self-cencept as set of expectations (konsep diri berperan sebagai penentu pengharapan individu)

e. Konsep diri yang sehat

Menurut Candles, konsep diri remaja yang sehat ada tiga, yaitu :
  1. tepat dan sama
  2. fleksibel
  3. kontrol diri



 

f. Konsep Diri dan Prestasi Sekolah

    konsep diri dan prestasi sekolah mempunyai hubungan yang erat. Siswa yang berprestasi tinggi cenderung memilki konsep diri yang berbeda dengan siswa yang berprestasi rendah. Siswa yang berprestasi rendah akan memandang diri mereka sebagai orang yang tidak mempunyai kemampuan dan kurang dapat melakukan penyesuaian diri yang kuat dengan siswa lain. Mereka juga cenderung memandang orang-orang di sekitarnya sebagai lingkungan yang tidak dapat menerimanya. Beda halnya dengan siswa yang memandang dirinya positif, akan menganggap keberhasilan sebagai hasil kerja keras dan karena faktor kemampuannya.

g. Strategi guru dalam mengembangkan dan meningkatkan konsep diri peserta didik 

  1. membuat siswa merasa mendapat dukungan dari guru
  2. membuat siswa merasa bertanggungjawab
  3. membuat siswa merasa mampu
  4. mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan yang realistis
  5. membantu siswa menilai diri mereka secara realistis
  6. mendorong siswa agar bangga dengan dirinya secara realistis

h. Cara menghadapi seseorang yang memiliki konsep diri negatif

     Mengikuti pandangan seseorang yang belum memiliki konsep diri tersebut, lalu secara perlahan memberi tahu bahwa konsep diri yang ada pada dirinya tersebut salah. sejatinya setiap orang memiliki konsep diri yang positif hanya saja orang tersebut belum dapat mengenali kekurangan dan kelebihan dalam dirinya.
Bagi seseorang yang belum memiliki konsep diri dalam dirinya, ada baiknya kita sebagai teman memberikan informasi dan arahan bahwa di dalam diri teman kita yang belum mengetahui dirinya ada kemampuan yang terpendam dan harus di gali serta di eksplorasi agar berkembang. sesuai dengan Qs. Attaubah : 71) yang berbunyi :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar